JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA KELAS IV SDN TRANS BULELENG |
Nama: I KADEK DARMAYASA |
Tahun: 2025 |
Abstrak I KADEK DARMAYASA, A 322 23 027, Penerapan Model Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Sosial Siswa Pada Kelas IV SDN Trans Buleleng, Hasan pembimbing I dan Iskandar pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem solving yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap sosial siswa di kelas IV SDN Trans Buleleng. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan partisipan sebanyak sepuluh siswa. Data yang dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model problem solving terlaksana secara optimal dengan peningkatan keterlibatan guru dan siswa pada setiap pertemuan pembelajaran. Hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 86,4 (kategori sangat baik), dan sikap sosial rata-rata sebesar 86 (kategori sangat baik). Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap sosial siswa di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi penerapan model problem solving secara berkelanjutan untuk mendukung peningkatan hasil belajar dan sikap sosial yang lebih menyeluruh dalam pembelajaran IPAS. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar, Sikap Sosial, IPAS |