Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 04 BUNGKU
Nama: ILHAM MOH. ALI
Tahun: 2025
Abstrak
ILHAM MOH. ALI, A 32223025, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial Kelas IV SD Negeri 04 Bungku. Sunarto Amus pembimbing 1 dan Hasdin pembimbing 2 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD Negeri 04 Bungku. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta instrumen tes kognitif, angket sikap, dan lembar observasi keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL terlaksana secara optimal dengan peningkatan keterlibatan guru dan siswa pada setiap fase pembelajaran. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,30 (kategori sedang), hasil belajar sikap meningkat dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,30 (kategori sedang), dan hasil belajar keterampilan meningkat namun masih dalam kategori rendah dengan N-Gain rata-rata sebesar 0,17. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada aspek kognitif dan afektif, meskipun perlu penguatan pada aspek keterampilan. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi penerapan model PBL secara berkelanjutan untuk mendukung peningkatan hasil belajar yang lebih menyeluruh dalam pembelajaran IPAS. Kata kunci: Problem-Based Learning; Hasil belajar; IPAS; Kognitif; Afektif; Keterampilan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up