JudulPENERAPAN MODUL INTERAKTIF IPAS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 09 BUNGKU |
Nama: RUFIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Rufia. 2025. Penerapan Modul Interaktif IPAS Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SDN 09 Bungku. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPS, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing: Misnah dan Bau Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan modul interaktif IPAS berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN 09 Bungku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang memuat reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul interaktif IPAS berbasis PBL mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan. Modul diterapkan melalui tahapan orientasi masalah, investigasi, dan presentasi solusi, dengan konten yang memadukan ilustrasi visual, narasi kontekstual, serta aktivitas berbasis studi kasus. Keaktifan siswa tercermin dari meningkatnya keberanian bertanya, partisipasi dalam diskusi kelompok, serta inisiatif menyelesaikan tugas. Peningkatan ini juga berdampak positif terhadap pemahaman konsep dan pencapaian hasil belajar siswa. Faktor pendukung keberhasilan penerapan modul meliputi keterbukaan guru terhadap inovasi, antusiasme siswa, relevansi materi dengan kehidupan nyata, serta ketersediaan infrastruktur pendukung. Adapun hambatan yang ditemukan adalah keterbatasan akses teknologi, perbedaan kemampuan literasi siswa, dan keterbatasan waktu pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan bahwa modul interaktif berbasis PBL dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif di sekolah dasar untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan belajar siswa. Kata kunci : Modul Interaktif, Problem Based Learning, Keaktifan Belajar Siswa. ? |