JudulIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS SISWA PADA PELAJARAN IPAS PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI MASADIAN KECAMATAN SOMBORI KEPULAUAN KABUPATEN MOROWALI |
Nama: NI KETUT NUIRDARMAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Ketut Nurdarmayanti, 2025. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir HOTS Siswa Pada Pelajaran IPAS Peduli Lingkungan di Kelas IV SD Negeri Masadian Kecamatan Sombori Kepulauan Kabupaten Morowali. (Dibimbing oleh: Hasan dan Nuraedah). Pendidikan merupakan upaya sadar untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pembelajaran. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif di sekolah tersebut. Rumusan masalah penelitian bagaimana langkah-langkah guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di kelas IV SD Negeri Masadian terhadap kemampuan berfikir HOTS Siswa pada Pelajaran IPAS Peduli Lingkungan di kelas IV SD Negeri Masadian. Tujuan Penelitian untuk mengimplementasikan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berfikir HOTS pada Pelajaran IPAS Peduli Lingkungan IPAS di kelas IV SD Negeri Masadian. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu Metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Masadian merupakan model pembelajaran yang memfokuskan pada penggunaan pemikiran kritis dan analisis untuk dapat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Metode inkuiri terbimbing melibatkan pembelajaran dalam situasi anak didik diberikan kesempatan yang sama untuk melakukan eksperimen atau percobaan sendiri dalam situasi yang telah disiapkan. Kesimpulan penelitian yaitu langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas yaitu pembelajaran yang mengajak siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan melalui penyelidikan, pengamatan, atau percobaan, dengan bimbingan atau arahan dari guru dengan 6 langkah yaitu mengajukan permasalahan,merumuskan hipotesis, merancang percobaan, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan dengan langkah ini kemampuan HOTS siswa mengalami peningkatan dan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing bisa menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, HOTS |