JudulKONTRIBUSI PERMAINAN TRADISIONAL MEHULE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KEARIFAN LOKAL DAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN WERE’A KECAMATAN BUNGKU PESISIR KABUPATEN MOROWALI |
Nama: NI WAYAN WAHYU EVAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Wayan Wahyu Evayanti 2025, Kontribusi Permainan Tradisional Mehule Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kearifan Lokal Dan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SDN Were’a Kecamatan Bungku Pesisir Kabupaten Morowali. Tesis, Program Studi Ilmu Pendidikan Sosial , Program Pascasarjana Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Misnah, (2) Bau Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi permainan tradisional Mehule dalam meningkatkan pemahaman materi kearifan lokal dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Were’a, Kecamatan Bungku Pesisir, Kabupaten Morowali. Permainan Mehule sebagai warisan budaya lokal yang mulai terpinggirkan dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, melibatkan siswa kelas IV sebagai subjek utama serta guru, kepala sekolah, dan tokoh adat sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi permainan Mehule dalam pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kearifan lokal dan meningkatkan indikator minat belajar seperti perhatian, keterlibatan, ketertarikan, dan perasaan senang. Selain itu, permainan ini juga menanamkan nilai-nilai budaya seperti kekerabatan, toleransi, keseimbangan, dan persaudaraan. Dengan demikian, permainan tradisional Mehule terbukti efektif sebagai media pembelajaran IPAS yang edukatif dan sarat nilai budaya, serta berperan dalam pelestarian kearifan lokal di lingkungan sekolah dasar. Kata Kunci: Permainan Tradisional Mehule, Pemahaman Materi Kearifan Lokal, Minat Belajar, IPAS |