Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENDORONG KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPAS KELAS IVA SDN MAKARTI JAYA
Nama: MUNAWIR AL GAZALI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Munawir Al Gazali, 2025 Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mendorong Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran IPAS di kelas IVA SDN Makarti Jaya, Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Dibimbing oleh ; Dwi Septiwiharti dan Idrus Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendekatan saintifik dalam mendorong kemandirian siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IVA SDN Makarti Jaya, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan 25 siswa kelas IVA, sedangkan objeknya adalah penerapan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan lima langkah pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Dalam prosesnya, guru juga mengintegrasikan indikator kemandirian siswa seperti percaya diri, bekerja mandiri, dan mengambil keputusan cepat ke dalam setiap tahap pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi adalah waktu pelaksanaan yang cukup lama karena banyaknya tahapan, serta kurangnya partisipasi aktif siswa, seperti jarang bertanya, ragu berpendapat, dan masih bergantung pada teman. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IVA SDN Makarti Jaya sudah memiliki karakter “Mandiri” namun sebagian siswa yang lain masih banyak membutuhkan arahan,bimbingan dan motivasi dari guru dalam meningkatkan keaktifan, keterampilan bertanya mengajukan pendapat serta meningkatkan rasa ingin tahu siswa untuk mencapai karakter mandiri. Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus belajar dan berinovasi dalam menyampaikan materi agar memotivasi keaktifan dan mendorong kemandirian belajar siswa melalui pendekatan saintifik. Kata kunci : Pendekatan Saintifik; Kemandirian Siswa; IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up