Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKONTRIBUSI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENSTIMULASI KEMANDIRIAN DAN REFLEKSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN MASADIAN
Nama: YUSRI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi pembelajaran berdiferensiasi dalam menstimulasi kemandirian dan refleksi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN Masadian. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket pretest-posttest terhadap 26 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diawali dengan asesmen diagnostik untuk mengidentifikasi kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa, serta didukung oleh penggunaan media pembelajaran interaktif seperti video, efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan refleksi siswa. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata peningkatan nilai sebesar 10,73 poin dari pretest ke posttest. Selain itu, pembelajaran ini menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kondusif, memfasilitasi pengembangan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS dengan menstimulasi kemandirian dan refleksi siswa secara optimal di kelas V SDN Masadian. Rekomendasi diberikan agar guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara konsisten dan mengembangkan berbagai strategi serta media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, kemandirian belajar, refleksi, IPAS, sekolah dasar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up