JudulIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI DAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA PELAJARAN PKn Di SMP NEGERI 1 BUNGKU TIMUR |
Nama: NI MADE RUSMAWATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak NI MADE RUSMAWATI, 2025. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi Dan Berkomunikasi Siswa Pada Pelajaran Ppkn di SMP Negeri 1 Bungku Timur. Pembimbing Utama Dr. Sunarto Amus, M. Si dan Pembimbing Anggota Dr. Hasdin, S. Pd, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) berbantuan Canva dalam meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Bungku Timur. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam aspek kerja kelompok dan penyampaian pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berbantuan Canva terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa. Hal ini tercermin dari keterlibatan aktif siswa dalam pembagian tugas kelompok, diskusi, dan penyelesaian proyek secara bersama-sama. Siswa menunjukkan perkembangan positif dalam hal partisipasi, saling membantu, serta tanggung jawab terhadap tugas masing-masing. Pembelajaran yang menekankan kerja sama tim telah membangun suasana belajar yang lebih terbuka, komunikatif, dan saling mendukung. Selain itu model PjBL berbantuan Canva juga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Siswa menjadi lebih berani dalam menyampaikan pendapat, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, serta mampu mempresentasikan hasil proyek secara jelas dan terstruktur. Proses pembelajaran yang melibatkan penggunaan Canva telah memberikan ruang kreativitas bagi siswa dalam menyusun ide secara visual, sehingga memudahkan mereka untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran mampu menunjang keterampilan komunikasi siswa secara signifikan. Kata kunci: Project Based Learning, Canva, Kolaborasi, Komunikasi, PPKn. |