JudulPEMANFAATAN MEDIA INTERNET PADA MATERI KONTROVERSIAL TEMA PROKLAMASI DALAM MENINGKATKAN SIKAP EMPATI DAN TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN MOAHINO |
Nama: SUKMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sukma, 2025. Pemanfaatan Internet Pada Materi Kontroversial Tema Proklamasi Dalam Meningkatkan Sikap Empati Dan Toleransi Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Moahino. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Sunarto Amus dan Nuraedah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet pada materi kontroversial tema proklamasi dalam meningkatkan sikap empati dan toleransi siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Moahino. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan media pembelajaran Youtube. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemanfaatan internet dalam meningkatkan sikap empati siswa kelas V SDN Moahino (2) Mendeskripsikan pemanfaatan internet dalam meningkatkan toleransi siswa kelas V SDN Moahino. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Moahino yang berjumlah 20 orang siswa, yang terdiri 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta wawancara. Hasil penelitian pada pertemuan I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 37%. Sedangkan pada pertemuan II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 85%. Berdasarkan presentase ketuntasan pada pertemuan I dan pertemuan II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 53% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan internet dalam meningkatkan sikap empati dan toleransi siswa melalui media Youtube dapat meningkatkan sikap empati dan toleransi siswa kelas V SDN Moahino. Kata kunci ; Manfaat Internet, Sikap Empati, Toleransi, Mata Pelajaran IPS |