Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KOLABORASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI PULAU TIGA KECAMATAN SOMBORI KEPULAUAN KABUPATEN MOROWALI
Nama: YULIANTI BARUNG
Tahun: 2025
Abstrak
Yulianti Barung, no. stb: A32223015.Meningkatkan Pemahaman dan Kolaborasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Pulau Tiga Kecamatan Sombori Kepulauan Pembimbing Utama Jamaludin dan Pembimbing Anggota Iskandar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model Discovery Learning. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa kelas IV SDN Pulau Tiga. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang menurut klasifikasi Hake. Peningkatan tertinggi terjadi pada materi yang kontekstual dengan lingkungan siswa. Selain itu, keterampilan kolaborasi siswa juga meningkat dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,4 yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan tertinggi tercatat pada indikator kontribusi, diikuti oleh manajemen waktu, pemecahan masalah, teknik penyelidikan, dan sintesis. Temuan ini membuktikan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Discovery Learning, Pemahaman, Kolaborasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up