JudulEFEKTIVITAS ASESMEN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPAS BERBASIS GOOGLE FORM PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNG HARAPAN KABUPATEN MOROWALI |
Nama: YOSUA WILLIAM TRIUTAMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Yosua William Triutama, 2025. Efektivitas Asesmen Portofolio Pada Mata Pelajaran IPAS Berbasis Google Form Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung Harapan Kabupaten Morowali.Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako.Dibimbing oleh: Lukman dan Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan asesmen portofolio berbasis Google Form pada pembelajaran IPAS di kelas V SDN Tanjung Harapan, Kabupaten Morowali. Fokus utama dari penelitian ini mencakup dua aspek, yaitu alasan penggunaan Google Form sebagai media asesmen portofolio, serta efektivitas pelaksanaannya dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan partisipasi siswa. Latar belakang pemilihan metode ini berangkat dari kebutuhan integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran dan tantangan asesmen konvensional yang kurang efisien dalam pelacakan perkembangan belajar siswa secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 12 siswa kelas V, satu guru IPAS, dan satu kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan secara induktif dengan menelaah keterlibatan siswa, aksesibilitas penggunaan Google Form, serta dampaknya terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen portofolio berbasis Google Form efektif meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses refleksi dan penilaian diri. Siswa lebih aktif dalam mengunggah tugas, memberikan respon reflektif, dan menunjukkan perkembangan kompetensi dari waktu ke waktu. Guru juga merasakan manfaat dalam efisiensi penilaian serta kemudahan pemantauan hasil belajar siswa. Selain itu, penggunaan Google Form mempermudah proses dokumentasi asesmen secara sistematis dan real-time. Asesmen portofolio digital melalui Google Form terbukti sebagai alternatif strategis yang tidak hanya mendukung evaluasi pembelajaran IPAS, tetapi juga mendorong pembelajaran yang lebih bermakna, personal, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa. Model ini dapat menjadi solusi bagi sekolah dalam mewujudkan ekosistem pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan tuntutan kurikulum merdeka. Kata Kunci : Asesmen portofolio, Pelajaran IPAS, Google Form |