Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PEMANFAATAN MODUL AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN UNSONGI
Nama: ASMI
Tahun: 2025
Abstrak
Asmi, 2025. Efektivitas Pemanfaatan Modul Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SD Negeri Unsongi. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Juraid Abdul Latief dan Pembimbing Aggota Misnah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan modul ajar berbasis kontekstual dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa serta menggambarkan proses penerapannya dalam pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Unsongi. Penelitian ini juga mengkaji respons siswa terhadap modul ajar serta mengevaluasi capaian hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa serta dokumentasi hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menggambarkan temuan secara rinci dan sesuai dengan kondisi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan modul ajar berbasis kontekstual dinilai sangat efektif. Siswa menunjukkan respons positif, dengan tingkat pemahaman yang lebih baik, keterlibatan aktif dalam kegiatan kelas, dan antusiasme terhadap materi yang disajikan secara nyata dan relevan. Penerapan modul dilakukan dengan menyesuaikan materi IPAS pada subtema “Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan” ke dalam konteks kehidupan sehari-hari siswa. Guru berhasil mengelola pembelajaran yang aktif dan bermakna. Hasil simulasi penilaian menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif siswa ada hubungan secara signifikan terhadap pemanfaatan modul ajar berbasis kontekstual dengan nilai siswa. Siswa mampu menghubungkan materi dengan pengalaman nyata dan menunjukkan kemampuan berpikir kritis serta analitis. Secara keseluruhan, pembelajaran dengan modul ajar berbasis kontekstual di kelas IV SD Negeri Unsongi memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Modul Kontekstual, Pembelajaran IPAS, Kemampuan Kognitif, Sekolah Dasar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up