Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN BULELENG
Nama: NI NYOMAN SUTRINI
Tahun: 2025
Abstrak
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Buleleng 1Ni Nyoman Sutrini, 2Sunarto Amus, 3Dhevy Puswiartika Email, 1ninyomansutrini95@gmail.com 2sunartolaut@gmail.com 3dhevy_p@untad.ac.id ABSTRAK Ni Nyoman Sutrini, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Buleleng. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Sunarto Amus dan Dhevy Puswiartika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif tipe scramble terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Buleleng serta untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran koperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Buleleng, Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah peneliti menggunakan penelitian kuantitatif pre-experimental design dengan desain One Group Pretest Posttest untuk memperoleh signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS kelas V SDN Buleleng. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Buleleng yang berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri 10 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini terhadap Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa, hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang sig 0,000 < 0,005 taraf signifikan 5% yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan ini berarti bahwa penggunaan model Scramble memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kata kunci; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up