JudulPemanfaatan Transportasi Tradisional Sampan Sebagai Sumber Belajar Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS Di SDN Ngapaea |
Nama: IRMAYANI KALEMBANG |
Tahun: 2025 |
Abstrak Irmayani Kalembang, Nim: A32223010. Pemanfaatan Transportasi Tradisional Sampan Sebagai Sumber Belajar Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS Di SDN Ngapaea. Pembimbing Utama Herlina dan Pembimbing Anggota Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar lokal melalui alat transportasi tradisional sampan dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Ngapaea, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 7 siswa kelas IV dan 1 guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes awal (pretest) dan tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sampan sebagai sumber belajar lokal yang dekat dengan lingkungan siswa mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berpikir analisis. Peningkatan ini terlihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 35,7 menjadi 80 pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kata Kunci : sumber belajar lokal, sampan, kemampuan analisis, siswa sekolah dasar, IPS. |