Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PROYEK KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 2 WOSU
Nama: A'AN WAHYUNINGSI SANE
Tahun: 2025
Abstrak
Kontribusi Model Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 2 Wosu 1A’an Wahyuningsi Sane, 2Juraid Abdul Latief, 3Hasdin ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi model pembelajaran flipped classroom berbasis proyek kolaboratif terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa Kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 2 Wosu. Model pembelajaran ini mengintegrasikan pembelajaran mandiri dengan pembelajaran aktif kolaboratif dimana peserta didik mempelajari materi secara mandiri di luar kelas melalui media teknologi berupa video pembelajaran sebelum pelajaran berlangsung, kemudian melanjutkannya dengan pembelajaran aktif dan kolaboratif di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom berbasis proyek kolaboratif dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam diskusi, meningkatkan interaksi kelompok, dan membangun tanggung jawab bersama dalam menyelesaikan tugas tugas proyek. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa juga terlihat signifikan dari nilai pretest ke post-test. Dengan demikian, model ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS yang tidak hanya fokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial dan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: flipped classroom, proyek kolaboratif, IPAS, kemampuan kolaborasi, hasil belajar, kognitif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up