JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS SDN LAHUAFU |
Nama: SITI NORMA ABD. GAFAR |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Siti Norma Abd. Gafar.2025. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPAS SDN Lahuafu. Pembimbing : Misnah, dan Bau Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran ber-diferensiasi melalui pemanfaatan media audiovisual dalam meningkatkan sikap toleransi siswa kelas V SDN Lahuafu pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dan kesiapan siswa, serta memanfaatkan media audiovisual seperti video edukatif, animasi, dan dokumenter sebagai alat bantu utama. Pembelajaran dil-aksanakan secara kolaboratif dalam kelompokheterogen, disertai diskusi dan re-fleksi, yang mendorong siswa untuk menghargai perbedaan. Manfaat dari penera-pan pembelajaran ini terlihat pada meningkatnya sikap toleransi siswa, seperti menghargai pendapat teman, bekerja sama dalam kelompok, tidak mengolok-olok dan menunjukkan empati. Sekitar 85% siswa menunjukkan perubahan sikap ke arah yang lebih toleran. Pendekatan ini terbukti efektif tidak hanya dalam aspek kognitif, tetapi juga dalam penguatan karakter siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Audiovisual, Sikap Toleransi, IPAS, Sekolah Dasar |