Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 SINDUE
Nama: MOH.KARIM
Tahun: 2025
Abstrak
Moh. Karim, 2025. “Pengaruh Platform Merdeka Mengajar dan Motivasi Kerja Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Sindue”. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Prof. Dr. Misnah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing Anggota Dr. Hasdin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan: 1). untuk menganalisis Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sindue, 2). untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sindue, 3). untuk menganalisis Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Motivasi Kerja Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sindue. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Jumlah Populasi dan sampel sama yaitu 27 orang guru dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling atau sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan Angket, wawancara, dan dokumentasi, untuk di uji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linear berganda. Adapun hasil penelitian bahwa 1). Adanya Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Sindue dengan nilai signifikansinya sebesar 0,015, dengan nilai kontribusi B sebesar 0,546. 2). Adanya Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Sindue, dengan nilai signifikansinya sebesar 0,044, dengan nilai kontribusi B sebesar 0,414. 3). Adanya Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Motivasi Kerja Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Sindue yang tingkat signifikasinnya sangat tinggi yaitu 0,000 dengan tingkat kontribusi pengaruh atau R² sebesar 0,835 (83,5%) dan nilai F sebesar sebesar 60,545 serta ada sekitar 16,5?ktor atau variabel lain yang mempengaruhi dari variabel yang ada. Adapun 16,5 ?ri faktor yang lain kemungkinan berasal dari faktor Keterlibatan orang tua dan masyarakat, Kondisi Sosial-ekonomi peserta didik, dan Budaya sekolah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up