Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVALUASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CIPP DI SMAN 6 PALU
Nama: ELVIA NUR IFMAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Elvia Nur Ifmawati. 2025. “Evaluasi Pembelajaran Sosiologi Menggunakan Pendekatan CIPP di SMAN 6 Palu.” Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Prof. Dr. Juraid, M.Hum dan Pembimbing Anggota: Dr. Hasdin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pembelajaran Sosiologi di SMAN 6 Palu berdasarkan model evaluasi CIPP yang mencakup empat aspek: kesesuaian konteks pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik, karakteristik dan kualitas input pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, serta capaian hasil belajar siswa. Untuk itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis evaluatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap informan yang terdiri dari guru, siswa, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks, pembelajaran Sosiologi telah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, visi misi sekolah, dan kurikulum 2013. Pada aspek input, guru memiliki kualifikasi akademik dan profesional yang memadai, serta didukung oleh sarana-prasarana dan media pembelajaran yang cukup, meskipun masih terdapat keterbatasan dalam akses teknologi. Pada aspek proses, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berjalan secara partisipatif dan interaktif, dengan penerapan metode diskusi, tanya jawab, serta pemanfaatan media pembelajaran, meskipun masih terdapat kendala dalam waktu dan teknis pelaksanaan evaluasi. Pada aspek produk, pembelajaran Sosiologi menunjukkan capaian hasil belajar siswa yang cukup maksimal, baik dalam aspek kognitif, sikap, maupun keterampilan sosial. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Sosiologi di SMAN 6 Palu secara umum telah berjalan dengan baik dan relevan dengan kebutuhan siswa, namun masih diperlukan perbaikan dalam penggunaan media pembelajaran dan strategi evaluasi. Rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan inovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penggunaan media yang lebih kontekstual dan humanistik, serta penguatan sistem evaluasi pembelajaran yang komprehensif dan berkelanjutan. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, CIPP, Sosiologi, SMAN 6 Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up