Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARANBERDIFERENSIASITERHADAP KREATIVITASDANMOTIVASIBELAJARMODELATTENTION, RELEVANCE,CONFIDENCEANDSATISFACTION(ARCS)PADA SISWAKELASVISDINPRESMAPONUKECAMATANSARJO KABUPATENPASANGKAYU
Nama: AFFANDI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Affandi, 2025. “Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kreativitas dan Motivasi Belajar Model Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction (ARCS) pada Siswa Kelas VI SD Inpres Maponu Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu”. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Dr. Hasan, M.Hum dan Pembimbing Anggota Dr. Idrus, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kreativitas pada siswa kelas VI di SD Inpres Maponu, 2) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar model ARCS pada siswa kelas VI di SD Inpres Maponu, 3) menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kreativitas dan motivasi belajar model ARCS pada siswa kelas VI di SD Inpres Maponu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel sama, yaitu 12 orang siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling atau sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner dengan menggunakan rumus regresi linear berganda. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Adapun hasil uji hipotesis pada penelitian memperoleh nilai signifikansi sangat tinggi, yaitu mencapai 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar model attention, relevance, confidence and satisfaction pada siswa kelas VI SD Inpres Maponu Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Kata Kunci : Berdiferensiasi, kreativitas, motivasi belajar ARCS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up