JudulANALISIS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 2 BAHONSUAI |
Nama: ERNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Erni. 2024. Analisis Model Pembelajaran Snowball Throwing dan media Berbantuan Media CanvaTerhadap Hasil Belajar IPS di Kelas IV SDN 2 Bahonsuai. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Haliadi dan Pembimbing Anggota Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dan media canva terhadap hasil belajar IPS di Kelas IV SDN 2 Bahonsuai. Dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang merespon dalam menerima materi, siswa terlihat melamun, siswa mengantuk selama pembelajaran, mengganggu teman yang berada dekat dengannya, siswa cenderung diam dan hanya mendengarkan guru saja, hanya siswa yang menonjol mengajukan pertanyaan, siswa tidak terlihat terlibat dalam sebuah diskusi pembelajaran, dan siswa tidak menyelesaikan soal latihan yang diberikan guru dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes dan observasi, tes berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian yang didapatkan dari uji hipotesis Independent sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dan media berbasis aplikasi Canva terhadap hasil belajar IPS. Kata Kunci: Snowball Throwing, Media Canva, Hasil Belajar. |