JudulPENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 BAHOMOTEFE KABUPATEN MOROWALI |
Nama: MUNAWIR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Munawir, 2024. Pengembangan Media Power Point untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 1 Bahomotefe Kabupaten Morowali. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Haliadi dan Pembimbing Anggota Hasdin. Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Media Power Point untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 1 Bahomotefe Kabupaten Morowali. Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran secara konvensional yang berpusat pada buku paket dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini sangat berpengaruh pada rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Salah satu solusi pemecahanya adalah penggunaan media pembelajaran. Media yang digunakan dapat menarik siswa untuk semangat belajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengembangan media Power Point terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 1 Bahomotefe Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap diantaranya adalah Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Instrument penelitian yang digunakan ini adalah angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media power point terbukti dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa yakni 83?ngan kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Power Point yang dikembangkan oleh peneliti sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi IPS di kelas V SD Negeri 1 Bahomotefe Kabupaten Morowali. Kata Kunci : Media Power Point, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS |