JudulImplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Lereea Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali |
Nama: ROSMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rosmawati, 2024. Implikasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Lereea Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Nuraedah dan Pembimbing Anggota Idrus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implikasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Power Point berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Lereea Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Nilai rata-rata hasil mata pelajaran IPS siswa diperoleh 59,56 dari KKM 70, guru belum optimal dalam penggunaan media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes dan observasi, tes berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian yang didapatkan dari uji hipotesis Independent sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implikasi model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Lereea Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), media Power Point, Hasil Belajar |