JudulPENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS VA SDN 08 BUNGKU |
Nama: HENNIMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Hennimawati, 2024 Pengaruh Model Quantum Teaching dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran IPS di Kelas VA SDN 08 Bungku, Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. (Dibimbing oleh: Iskandar dan Herlina) Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa, untuk membuktikan adanya interaksi antara model Quantum Teaching (X1) dengan Interaksi Sosial (X2), dan membuktikan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial tinggi dan interaksi sosial rendah jika menggunakan model Quantum Teaching dalam pelajaran IPS pada siswa kelas VA SDN 08 Bungku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain treathment by level. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil olahan data hasil belajar siswa menunjukkan signifikan sebesar 0.03<0.05 artinya pretest dengan nilai 56.4 sedangkan postets dengan nilai tertinggi 82. Berdasarkan uji statistic diperoleh nilai tertinggi pada kelas eksperimen yaitu 88 dengan model quantum teaching dengan interaksi tinggi yang berarti terdapat interaksi antara Quantum Teaching dan interaksi sosial secara simultan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan interaksi sosial tinggi. Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu model yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Selain itu, Quantum Teaching dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Quantum Teaching menyajikan struktur yang ampuh dan eksplisit untuk membangun iklim pembelajaran yang layak. Kata kunci: Quantum Teaching, Interaksi Sosial, Hasil Belajar. |