Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 13 BUNGKU
Nama: TAHIR
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 13 Bungku pada mata pelajaran IPS, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode mind mapping di Kelas V SD Negeri 13 Bungku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi akivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: aktivitas belajar siswa pada siklus I presentase 67% kategori cukup baik setelah siklus II mengelami peningkatan 91,66?ngan kategori sangat baik. Hasil tes pra siklus hasil belajar siswa rata-rata 60 dengan prestase ketuntasan 56,67%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nila rata-rata klasikal 70 dengan ketuntasan belajar klasikal 60?n hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan nila rata-rata klasikal 89,33 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunkaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13 Bungku Kata Kunci : Hasil Belajar, Mind Mapping, IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up