JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN POWARU |
Nama: HILDA INDARSI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hilda Indarsi, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Powaru. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Lukman dan Pembimbing Anggota Jamaludin. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS di kelas V SDN Powaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode eksperimen adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel bebas (treatment) terhadap variabel terikat (outcome) dalam kondisi yang terkendali. Bentuk pre-experimental design yang digunakan adalah one-group pretest- posttest design. Hasil Penelitian Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual. Sebelum pembelajaran dimulai terlebih dahulu dilakukan pretest berupa tes pada siswa kelas V SDN Powaru Kecamatan Bungku Selatan Kab. Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Pretest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V sebelum diberikan perlakuan berupa pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual. Kata Kunci : Picture and picture, Media audio visual, Hasil Belajar. |