JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MEDIA BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HOTS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN BUMI RAYA KABUPATEN MOROWALI |
Nama: TRIA AMELIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tria Amelia. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan media berbasis aplikasi Canva terhadap Kemampuan Berpikir HOTS Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Gugus R.A. Kafrtini Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Sunarto Amus dan Pembimbing Anggota Suyuti. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan media berbasis aplikasi Canva terhadap Tingkat berpikir HOTS siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Gugus R.A Kartini Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih memiliki kemampuan berpikir yang lemah dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Akibatnya peserta didik kurang antusias dan akan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir HOTS siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan berpikir HOTS siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Gugus R.A. Kartini Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali (2) Menganalisis pengaruh media berbasis aplikasi Canva terhadap kemampuan berpikir HOTS siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Gugus R.A. Kartini Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes dan observasi, tes berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir HOTS siswa melalui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian yang didapatkan dari uji hipotesis Independent sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan media berbasis aplikasi Canva terhadap kemampuan berpikir HOTS siswa. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, media berbasis aplikasi Canva, kemampuan berpikir HOTS, IPS |