JudulPENEREPAN MODEL KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BAHONSUAI |
Nama: MUHNAR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPS dikelas V SD Negeri 2 Bahonsuai. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe index card match Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket motivasi belajar. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Teknik analisis inferensial yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe index card match yaitu: 46,7% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, 46,7% siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, dan 6,6% siswa memiliki motivasi belajar yang sangat rendah. Sedangkan setelah diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe index card match yaitu: 63,3% siswa memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi, 36,7% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Penerapan Model Kooperatif Tipe Index card match Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran IPS dikelas 5 SD Negeri 2 Bahonsuai Kata kunci: Motivasi Belajar, Kooperatif Tipe Index card match |