JudulTELAAH INTERAKSI DAMPAK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN BERFIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V GUGUS RA KARTINI KECAMATAN BUMI RAYA MOROWALI |
Nama: NINA SOFIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Model problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana siswa belajar memecahkan masalah sesuai materi pembelajaran secara mandiri. Sedangkan kemampuan berfikir kreatif siswa adalah kemampuan siswa dalam menciptakan ide sendiri. Memahami interaksi antara model PBL dan kemampuan berfikir kreatif dapat memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menelaah interaksi dampak model PBL terhadap prestasi belajar IPS siswa, (2) menelaah interaksi dampak berfikir kreatif terhadap prestasi belajar, (3) menelaah interaksi dampak model PBL dan berfikir kreatif terhadap prestasi belajar. Desain penelitian ini menggunakan desain fenomenologi, dalam kegiatan analisis data mengikuti tahapan proses analisis Miles dan Huberman. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat interaksi dampak yang positif model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar IPS siswa. (2) Terdapat interaksi dampak yang positif kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar. (3) Terdapat interaksi dampak yang positif model pembelajaran PBL dan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar IPS. Kata Kunci: Dampak Model PBL, Berfikir Kreatif, Prestasi Belajar Siswa. |