JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN KOLONO KECAMATAN BUNGKU TIMUR KABUPATEN MOROWALI |
Nama: AWALINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Awalina, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali”. Tesis, Program Studi Pendidikan Ips Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Misnah, Anggota Tim Pembimbing Bau Ratu. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasiexperiment). Sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas VA dan kelas VB. Pesertadidik untuk kelas kontrol (VB) berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Untuk kelas eksperimen (VA) berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah modul ajar juga berisi lembar aktivitas siswa dan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menjelaskan berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan didapatkan bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kolono Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil belajar. |