JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SDN BUNGINGKELA |
Nama: ZEPRIANNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Zeprianna, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar, Muatan Pelajaran IPS Kelas V SDN Bungingkela. Hasil Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. (Dibimbing oleh: Sunarto Amus dan Suyuti). Pendidikan tidak didapatkan dengan singkat , namun butuh proses yang panjang. Pendidikan dapat menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Permasalahan siswapasif dan monoton. Siswa hanya sekedar menerima materi. Saat diadakan sesi tanya jawab hanya sedikit siswa yang bertanya, sebagian besar hanya diam ketika di beri umpan balik oleh guru.Rumusan masalah model pembelajaran Project Based Learning, penggunaan media animasi, penerapan model Project Based Learning berbantuan media animasi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas V SDN Bungingkela. Tujuan Penelitian penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media animasi untuk meningkatkan keaktifan belajar muatan pelajaran IPS kelas V SDN Bungingkela. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengembangkan keaktifan siswa perlu dilakukan dengan menerapkan sebuah model pembelajaran inovatif dan konstruktif yang nantinya akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Pelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Media Animasi, dan Keaktifan Belajar |