JudulPENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 BAHOMOTEFE |
Nama: MEILISNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPS, khususnya dalam materi rumah adat. Media video animasi ini dikembangkan menggunakan metode Design and Development (D&D) yang terdiri dari enam tahap: (1) Identify the problem: Tahap ini melibatkan pengamatan terhadap kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Ditemukan bahwa terdapat rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS, terutama pada materi rumah adat, di antara siswa kelas IV SD. Selain itu, juga terdapat kekurangan media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami keragaman budaya rumah adat di 34 provinsi di Indonesia. Media video animasi dianggap sebagai solusi untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif mengenai rumah adat.(2) Describe the objective: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video animasi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD.(3)Design and develop the artifact: Tahap ini melibatkan perancangan pembuatan media video animasi, kemudian pengembangannya, dan produksi desain video menjadi sebuah video animasi.(4)Test the artifact: Video media yang telah dibuat kemudian diujicoba kepada ahli media, ahli materi, guru kelas, dan siswa. (5)Evaluate the result of testing: Peneliti melakukan validasi untuk mengetahui kelayakan media yang telah dikembangkan. Presentase rata-rata hasil validasi adalah 81?ngan kategori "Sangat Baik". Nilai rata-rata hasil belajar adalah 90,47 dengan kategori "Sangat Baik". Hasil wawancara menunjukkan tanggapan positif dari siswa terhadap media video animasi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.(6)Communicate the testing result: Hasil dari uji coba kemudian disampaikan melalui laporan skripsi (tertulis) dan ujian sidang (lisan).subjek penelitian ini adalah seluruh siswakelas IV SDN 2 Bahomotefe. Tehnik pengumpulan data menggunakan work log dan angket. Kata kunci : pengembangan media video animasi, Hasil Belajar IPS. |