JudulPENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA BERDASARKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS SDN SAMARENDA KECAMATAN BUMI RAYA KABUPATEN MOROWALI |
Nama: SARLIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sarlin. 2024. Pengaruh Literasi digital terhadap minat baca siswa berdasarkan konsentrasi belajar siswa pada Pelajaran IPS SDN Samarenda Kecamatan Bumi Raya Kabupaten mororwali. Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Iskandar dan Pembimbing Anggota Herlina Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa dan konsentrasi belajar siswa pada pelajaran IPS SDN Samarenda kecamatan bumi raya kabupaten mororwali 2) apakah terdapat perbedaan minat baca antara siswa yang memiliki konsentrasi belajar tinggi dan konsentrasi belajar rendah 3) apakah ada interaksi antara literasi digital dan konsentarsi belajar terhadap minat baca. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil uji t test dengan nilai sig 5 % sebesar 0,037 < 0,05 2) terdapat perbedaann minat baca antara siswa yang memiliki konsentrasi belajar tinggi dan konsentrasi belajar rendah 3) ada interaksi antara literasi digital dan konsentarsi belajar terhadap minat baca. maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa berdasarkan konsentrasi belajar siswa pada pelajaran IPS Kata Kunci: Literasi digital, minat baca, konsentrasi belajar IPS |