JudulPENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN 15 BUNGKU |
Nama: RUSDIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik di kelas V SDN 15 Bungku karena kurangnya kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru hanya mengandalkan metode konvensional dengan cara ceramah saja, padahal banyak metode yang bisa digunakan untuk memotivasi peserta didik untuk belajar sehingga hasil belajarnya meningkat. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah cooperative learning tipe script. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPS. Melalui penerapan model cooperative script penelitian yang digunakan yaitu Penelitian penelitian pra-eksperimen bentuk One Group PreTest-PostTest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Subjek penelitian 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-T menggunakam SPSS (paired sample) diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 <0,005 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Script terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 15 Bungku. Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Script |