JudulPengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Uno Stacko Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas V SD Negeri 2 Bahonsuai |
Nama: INE MARIAM |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ine Mariam, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Uno Stacko Terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V SD Negeri 2 Bahonsuai. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Hasan dan Pembimbing Anggota Idrus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Uno Stacko terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 2 Bahonsuai. Nilai rata-rata hasil mata pelajaran IPS siswa diperoleh 62,15 dari KKTP 70, guru belum optimal dalam penggunaan media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes dan observasi, tes berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian yang didapatkan dari uji hipotesis Independent sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 dan ttabel = 2,024 dan thitung = 4,454 dimana ttabel < thitung maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Uno Stacko terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri 2 Bahonsuai. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Media Permainan Uno Stacko, Hasil Belajar |