JudulMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VI SDN 16 BUNGKU |
Nama: WAHYUDIN S. AMIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Wahyudin, 2024. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas VI SDN 16 Bungku. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Juraid dan Pembimbing Anggota Nuraedah. Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantuan audio visual terhadap hasil belajar IPS di kelas VI SDN 16 Bungku. Nilai rata-rata mata Pelajaran IPS siswa diperoleh 64 dari KKM 65, guru menggunakan model konvensional dan ceramah sehingga pembelajaran kurang efektif, siswa merasa kurang optimal dalam menguasai pembelajaran, dan mengakibatkan pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif Mind Mapping berbantuan Audio Visual ke dalam implementasikan pembelajaran di kelas VI SDN 16 Bungku serta untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantuan Audio Visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitain ini adalah Implementas model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Audio Visual, maka diperoleh hasil belajar IPS siswa di kelas di kelas VI SDN 16 Bungku Kabupaten Morowali dengan nilai rata-rata siswa sebesar 57 dan setelah dilakukan model pembelajaran Mind Mapping nilai rata-rata siswa diperoleh sebesar 76,14. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Audio Visual sangat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Audio Visual sangat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Mind Mapping, Audio Visual, Hasil Belajar ? |