Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN WERE’A
Nama: SUTOYO
Tahun: 2024
Abstrak
Sutoyo, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Were’a. Pembimbing Utama Lukman dan Pembimbing Anggota Mahfud M. Gamar Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model Inquiry Learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Were’a. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design dan subyek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Were’a tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV ware’e yang ditunjukkan dari: (1) hasil uji Wilcoxon menunjukkan positif ranks antara minat belajar IPS mengalami peningkatan nilai dari pretest ke posttest. Mean rank adalah 5,00 sedangkan sum of ranks adalah 45,00; hasil Paired Sample T Tes menunjukkan nilai t hitung 12.421 > dari t tabel 2,262 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan metode Inquiry Leraning dengan minat belajar IPS pada siswa kelas IV ware’e.; dan hasil analisis regresi menunjukkan Nilai t hitung sebesar 4,290 > t tabel 2,364 maka ha diterima dan ho ditolak dan nilai R Square sebesar 0,76324 artinya pengaruh X terhadap Y adalah 76% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Merujuk pada hipotesis di atas maka dapat disimpulkan penggunaan model Inquiry Learning berpengaruh terhadap minat belajar dan (2) hasil uji Wilcoxon positif ranks antara hasil belajar IPS mengalami peningkatan nilai dari pretest ke posttest. Meank rank 5,50 sedangkan sum of ranks adalah 45,00; berdasarkan Tabel t diperoleh t tabel 2,262. Karena nilai t hitung 17.881 > dari t tabel 2,262 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh penggunaan merode Learning Inquiry dengan hasil belajar IPS pada siswa kels IV ware’a; dan berdasarkan hasil analisis regresi Nilai t hitung berdasarkan table coefficient sebesar 4,747 > t tabel 2,364 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan nilai R Square sebesar 0,763 artinya pengaruh X terhadap Y adalah 76% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Merujuk pada hipotesis di atas maka dapat disimpulkan penggunaan model Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Inquiry Learning, Minat dan Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up