JudulREKA BENTUK MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN ATANANGA |
Nama: HUSNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Husna, 2024.Reka Bentuk Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN Atananga.Tesis, Program Studi Pendidikan IPS, Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama Iskandar dan Pembimbing Anggota Herlina. Penelitian ini membahas tentang reka bentuk model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media animasi untuk meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Atananga.Dilatarbelakangi oleh peserta didik menunjukkan sikap yang kurang aktif dan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS di dalam kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan model konseptual Group Investigation berbantuan media animasi secara konseptual, (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media animasi pada mata Pelajaran IPS, (3) Mendeskripsikan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media animasi untuk meningkatkan keterampilan sosial.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.Jenis penelitian yang digunakan adalah wawancara,study dokumen.Instrumen yang digunakan adalah observasi.Hasil penelitian yang didapatkan yaitu dapat meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS,dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation membuat pembelajaran yang aktif,menyenangkan. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Group Investigation memberikan pengalaman yang kaya dan bermakna bagi siswa, Kata Kunci: Mpdel Pembelajaran Group Investigation (GI) Media Animasi,Keterampilan Sosial. |