JudulIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES 1 KAYUMALUE PAJEKO |
Nama: MILA TAMRIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Mila Tamrin, 2025. Program Studi Magister Pendidikan IPS. Program Pascasarjana. Universitas Tadulako. Tesis. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Sikap Toleransi Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Di Kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko”. Pembimbing: (1) Dr. Lukman, M.Hum, dan (2) Prof. Dr. Misnah, S.Pd., M.Pd. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko, yang berkaitan dengan sikap toleransi peserta didik yang diajarkan melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif melalui pendekata deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis bahwa implementasi pendidikan karakter dalam membangun sikap toleransi peserta didik melalui pembelajaran IPS di kelas V SD inpres 1 kayumalue pajeko yaitu guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan materi terkait sikap toleransi dalam pembelajaran IPS. Serta menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang suasana belajar yang lebih efektif. Guru membentuk kelompokkelompok kecil secara acak dan bergilir dengan menyesuaikan tingkat pengetahuan akademik peserta didik dalam satu kelompok, ini merupakan metode pembiasaan agar peserta didik terbiasa berbaur dan belajar saling menghargai juga menerima pendapat dari orang lain dalam mencapai tujuan yang sama. Selanjutnya dalam Pembentukkan Sikap toleransi peserta didik melalui pembelajaran ips di kelas V SD inpres 1 kayumalue pajeko melalui pembelajaran IPS, peserta didik diajarkan untuk berkomunikasi dengan baik dan terbuka, serta mendengarkan dan menerima pendapat/pandangan orang lain dengan adil dan terbuka. Dengan komunikasi/interaksi yang baik, peserta didik dapat membangun relasi yang baik pula dengan teman yang lain, ini akan memperkuat tali persaudaraan yang kuat di dalam menjaga kerukunan. Kemudian penilaian karakter peserta didik dalam bersikap toleransi di dalam kelas V adalah guru mengamati perilaku peserta didik di berbagai situasi, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Melalui observasi dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung, maupun saat interaksi sosial peserta didik dengan peserta didik lainnya. Guru juga menilai melalui keaktifan, pengetahuan dan kerjasama peserta didik di kelompoknya dalam memecahkan suatu masalah. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Sikap Toleransi, dan Pembelajaran IPS. |