JudulPengintegrasian Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Pembinaan Perilaku Sosial Peserta Didik Di MTs Negeri 1 Kota Palu |
Nama: NURJANNA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di MTs Negeri 1 Kota Palu, (2) Menjelaskan pengintegrasian pendidikan karakter di luar pembelajaran di MTs Negeri 1 Kota Palu, (3) Menjelaskan upaya pembinaan perilaku sosial peserta didik di MTs Negeri 1 Kota Palu. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengintegrasian pendidikan karakter dalam terkhususnya di kelas VII dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam RPP/ Modul Pembelajaran, media pembelajaran, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), buku teks pelajaran, dan evaluasi pembelajaran, (2) pengintegrasian pendidikan karakter di luar pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang menjadi rutinitas seperti, upacara bendera setiap senin, sholat berjamaah, tadarusan yang diadakan setiap hari jumat, setoran hafalan, pembiasaan bersih-bersih dilingkungan sekolah yang dilakukan setiap hari kamis, pembiasaan memakai pakaian yang rapi dan sesuai jadwal, (3) pembinaan perilaku sosial peserta didik dilaksanakan melalui metode pendidikan dengan keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian dan hukuman, yang kemudian diterapkan baik di dalam maupun di luar pembelajaran. Kata Kunci: Pengintegrasian, Pendidikan Karakter, Pembinaan Perilaku Sosial |