JudulBERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V DI SD INPRES 8 MAMBORO |
Nama: SUTRIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sutriani, A 322 22 006. Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres 8 Mamboro. Pembimbing : Nuraedah dan Arif Firmansyah Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia terus diupayakan dan dikembangkan seiring perkembangan zaman. Pendidikan dasar menjadi tahapan pertama yang dijajaki oleh siswa dan merupakan kunci awal siswa dalam tahap pengembangan kemampuan pengetahuan. Rumusan masalah penelitian Bagaimana Perencanaan Guru pada Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V di SD Inpres 8 Mamboro, Bagaimana Pelaksanaan guru pada Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V di SD Inpres 8 Mamboro, Bagaimana Evaluasi Guru pada Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V di SD Inpres 8 Mamboro, Tujuan penelitian Untuk Mengetahui Bagaimana Evaluasi Guru pada Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V di SD Inpres 8 Mamboro. Metode penelitian Penelitian kualitatif merupakan pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Penelitian kualitatif sifatnya mendasar dan naturalistis atau bersifat kealamian, serta tidak bisa dilakukan di laboratorium, melainkan di lapangan. Hasil penelitian Menyusun modul ajar guru menentukan aspek-aspek apa saja yang dapat mendukung siswa dalam pembelajaran. Adanya perencanaan seperti ini membuat guru dengan mudah menerapkan sesuai pola yang telah dibuat dan guru juga mempunyai pedoman dalam proses pembelajaran yang akan dilakukan. Sehingga dapat mengarahkan siswa berpikir secara kritis melalui modul ajar yang berbasis model pembelajaran problem based learning sesuai perencanaan yang telah disusun. Kesimpulan dalam penelitian Mewujudkan pembelajaran bermakna dengan membuat siswa dapat berpikir secara kritis memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan yang baik menjadi step atau langkah awal keberhasilan dalam pembelajaran sebelum memasuki pada tahapan pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Problem Based Learning |