JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 6 SIGI |
Nama: FERDI BUMBUNGAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini membahas bagaimana pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran ips kelas vii di smp negeri 6 sigi. Peranan penting dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalaui pembelajaran yang efektif dan efisien serta menyenangkan, sehingga siswa mampu menyerap informasi dengan maksimal. Media yang digunakan dalam pembelajaran belum memaksimalkan perkembangan teknologi sehingga pengalaman belajar yang kontekstual, kreatif, dan kolaboratif belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis canva. Jenis penelitian menggunakan Research and Development (R&) dengan model pengembagan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva kepada siswa kelas VII A, berjumlah 30 orang siswa yang berada dalam satu kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar angket ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan lembar angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis canva dinilai oleh satu orang ahli media dan ahli materi. Berdasarkan penilaian diperoleh hasil dari ahli materi sebesar 87?n termasuk pada kategori sangat layak sedangkan dari ahli media sebesar 76 ?n termasuk kategori layak. Adapun respon peserta didik pada kelompok kecil mencapai skor persentase sebesar 94.25% termasuk pada kategori sangat tertarik, sedangkan pada kelompok besar atau lapangan mencapai skor persentase sebesar 93.75% termasuk pada kategori sangat tertarik . Secara keseluruhan media dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Kata Kunci : Media Audio visual, Canva. |