JudulINTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMA KATOLIK SANTO ANDREAS PALU |
Nama: NOVLITA ENGYULUIS AMBEDALE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Novlita Engyuluis Ambedale, 2023. Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMA Katolik Santo Andreas Palu. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Jamaludin, (2) Juraid. Integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural adalah upaya untuk mengambungkan strategi pembelajaran yang mencangkup nilai-nilai pendidikan multikultural dalam menerima dan menegaskan perbedaan dan kesamaan manusia yang mencangkup keragaman, ras, bahasa, agama, suku, dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Katolik Santo Andreas Palu secara khusus di Kelas XA dan XB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang telah digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu, guru, peserta didik, serta kepala sekolah. Analisis data menggunakan model diskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru melakukan perencanaan dengan terlebih dahulu membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang di dalamnya tertuang nilai-nilai pendidikan multikultural nilai inklusif, toleransi, tolong menolong, persamaan dan persaudaraan, keadilan, dan cinta tanah air yang tersampaikan pada tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran. 2) Tahap pelaksanaan dalam pembelajaran PPKn dilakukan pendekatan pada peserta didik dengan mengenalkan keragaman budaya, ras, adat, dan agama yang dimiliki peserta didik dikaitkan dengan lingkungan hidup peserta didik itu sendiri dan menyisipkan nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu nilai inklusif (terbuka), toleransi, tolong menolong, persamaan dan persaudaraan, keadilan, dan cinta tanah air. 3) Evaluasi pembelajaran PPKn yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural dilaksanakan dengan memberikan poin-poin pertanyaan yang telah dijawab oleh peserta didik serta diberikan penilaian oleh guru sesuai tingkat ketepatan dan kemampuan seluruh peserta didik. Kata kunci: Integrasi, Nilai Pendidikan Multikultural, PPKn |