JudulPENGARUH MOTIVASI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI ANTROPOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA |
Nama: KIKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Pengaruh Motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Antroposfer Mata Pelajaran Geografi Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora, Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Zeffitni, Pembimbing 2: Rifai. Sebagai seorang guru bukanlah hanya pada kemampuannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, akan tetapi lebih pada kemampuannya untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Sifat guru yang terkesan mendominasi saat pemberian materi pelajaran, tanpa diselingi tindakan yang bisa membuat peserta didik lebih rileks dan senang mengikuti proses pembelajaran. Dengan munculnya rasa bosan dalam diri peserta didik akan mengakibatkan minimnya daya serap peserta didik terhadap materi yang diajarkan sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran yang banyak didominasi oleh guru, seperti setelah menjelaskan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencatat dan bertanya apa yang telah diterangkan. Dengan pola pembelajaran yang terus-menerus seperti itu menyebabkan siswa dalam memahami dan menguasai materi masih kurang dan nilai yang diperoleh siswa cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menerapkan metode eksperimen, yakni untuk meneliti Pengaruh Motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan Minat terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Antroposfer Mata Pelajaran Geografi Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Selain itu peneliti juga menggunakan teknik korelasi untuk mengetahui arah dan pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuesioner, yang berupa pernyataan dan pertanyaan tertulis yang diberikan langsung kepada responden. Berdasarkan dari hasil postest yang telah dianalisis diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa Kelas MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebesar 79.00 dan Kelas MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 64.88 dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa Kelas MIPA 1 di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Angka tersebut menunjukkan adanya pengaruh Motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Antroposfer Mata Pelajaran Geografi Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Kata Kunci: Motivasi ARCS, Minat, Hasil Belajar |