JudulPeran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Berbantuan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Inpres Silae |
Nama: SALMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Salma. 2023. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Berbantuan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Inpres Silae. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPS Fakultas Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembelajaran akan berhasil ketika seorang guru menggunakan media, metode dan model pembelajaran yang tepat pada saat mengajar, serta guru memahami betul perannya sebagai seorang pendidik. Guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Peserta didik kelas V SDN Inpres Silae kurang termotivasi dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Berbantuan Model Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Inpres Silae. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah guru kelas V SDN Inpres Silae dan peserta didiknya. Instrumen penelitian adalah lembar wawancara dan lembar observasi. Data di analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pesreta didik pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN Inpres Silae adalah guru sebagai evaluator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, serta demonstator.. peningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS berbantuan model Blended Learning di kelas V SD Inpres Silae diantaranya yaitu adanya ketekunan dalam belajar, Ulet dalam menghadapi kesulitan, Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar, Berprestasi dalam belajar dan Mandiri dalam belajar. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Model blended learning |