Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN RUMPUN IPS DI SMANEGERI OLAHRAGA TADULAKO SULAWESI TENGAH
Nama: APPIA NITA TUNGKA
Tahun: 2023
Abstrak
Appia Nita Tungka, 2023. Implementasi Model Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Rumpun IPS di SMA Negeri Olahraga Tadulako Sulawesi Tengah. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. (Dibimbing oleh: Misnah dan Idrus Rore). Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model CTL dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas X SMANOR Tadulako Sulawesi Tengah pada mata pelajaran rumpun IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner kepada informan guru dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran implementasi model CTL. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara informan menjelaskan bahwa implementasi model CTL memberikan peningkatan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi peserta didik pada mata pelajaran rumpun IPS. Hasil olahan data angket penilaian motivasi belajar melalui pengukuran indikator ketercapaian peserta didik diperoleh hasil rata-rata sebesar 55,83 persen dengan nilai tertinggi pada indikator “adanya penghargaan dalam belajar” sebesar 59 persen. Penerapan model CTL berdampak terhadap tumbuhnya dorongan dan kebutuhan belajar, menumbuhkan minat dan keaktifan belajar, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan memungkinkan peserta didik belajar aktif dan produktif. Implementasi model CTL terhadap kemampuan komunikasi bagi peserta didik dengan melakukan pengamatan terhadap indikator kemampuan berkomunikasi pada aspek pemahaman, kesenangan, pengaruh sikap dan tindakan positif bagi peserta didik baik saat proses pembelajaran di dalam kelas maupun interaksi peserta didik di luar kelas. Berdasarkan fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran model CTL dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berkomunikasi yang efektif bagi peserta didik pada SMANOR Tadulako Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah dengan menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta penggunaan media pembelajaran yang variatif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up