JudulHUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN INSAN CENDIKIA PALU |
Nama: MOH. FIRMANSYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh.Firmansyah. 2023. Hubungan gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik di MAN Insan Cendikia Palu. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPS Fakultas Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Jamaluddin dan Hasdin Tujuan penelitain ini yaitu untuk menganalisis hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XII di MAN Insan Cendikia Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, angket dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII di MAN Insan Cendikia Palu . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan berdasarkan Tabel Interpretasi Nilai r dimana rhitung sebesar 0,805 maka hubungan antara gaya belajar (visual) dengan hasil belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas XII MAN Insan Cendikia Palu masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar (auditorial) dimana rhitung sebesar 0,672 maka hubungan antara gaya belajar (auditorial) dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa Kelas XII MAN Insan Cendikia Palu masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan Tabel Interpretasi Nilai r di mana rhitung sebesar 0,791 masuk dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar tehadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XII MAN Insan Cendikia Palu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama tehadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XII MAN Insan Cendikia Palu dengan nilai signifikansi Fchange sebesar 0,000 dan secara simultan secara simultan memiliki hubungan yang kuat dilihat dari nilai R sebesar 0,800. Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |