Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KEMAMPUAN BERTANYA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LORE TIMUR
Nama: JERLIN OLA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh kemampuan bertanya dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan metakognisi siswa. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP N 1Lore Timur tahun pelajaran 2020/2021dan sampel penelitian pada kelas VIII-A. Instrument pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa yang terdiri dari 5 kategori penilaian, tes kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 5 soal essay, angket pernyataan untuk mengetahui keterampilan siswa setelah pembelajaran. 1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan bertanya terhadap keterampilan metakognisi, berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t (thitung > ttabel), menunjukan 5,382 ? 2,068. 2) Terdapat pengaruh positif berdasarkan pengujian hipotesis kemampuan bepikir kritis 2,072 ? 2,068. 3) Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh kemampuan bertanya dan kemampuan berpikir kritis bersama-sama berpengaruh positif terhadap keterampilan metakognisi siswa 22,817 Fhitung ? Ftabel 22,817 > 3,40. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa. Kata kunci: Kemampuan Bertanya,Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Metakognisi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up