Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERFIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN CITRA PENGINDERAAN JAUH DAN PETA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: FAISAL HARIS
Tahun: 2021
Abstrak
Pembelajaran geografi dapat ditingkatkan dengan meningkatkan Kemampuan berpikir spasial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir spasial peserta didik menggunakan citra penginderaan jauh dan peta pada mata pelajaran geografi di Kelas X SMA Negeri 5 model Palu. metode penelitian menggunakan teknik eksperimen yaitu 2 kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan a) terjadi peningkatan kemampuan berpikir spasial pada kelas eksperimen 1 menggunakan media citra penginderaan jauh dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p < 0,05) dan rata rata sebesar 32,88 dan kelas eksperimen 2 menggunakan media peta dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p < 0,05) serta rata rata sebesar 35,55. Berdasarkan Uji Independent Sample T diperoleh taraf signifian p = 0,009 <0,05, berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir spasial antara peserta didik dengan menggunakan media citra penginderaan jauh dan peta. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat efektifitas kedua media menunjukkan kategori efektifitas sedang dan untuk kategori persentase efektifitas cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik pada kelas X SMAN 5 Model Palu. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berfikir spasial peserta didik adalah tenaga pengajar. Pemahaman guru yang kurang terhadap materi penginderaan jauh dan peta menjadi hambatan guru dalam penyampaian meteri tersebut. Kata Kunci : Geografi, Berpikir Spasial, Citra, Peta.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up