Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGALAMAN DAN KEMAMPUAN LITERASI PERISTIWA BENCANA GEMPA BUMI DI KOTA PALU TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MA NEGERI 2 PALU
Nama: SYABAN ABDULLAH DM
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Dampak yang ditimbulkan akibat bencana gempa bumi tidak hanya materi dan korban jiwa, namun berdampak juga pada kondisi psikologi peserta didik sehingga mempengaruhi pola hidup peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengalaman dan kemampuan literasi pada bencana gempa bumi terhadap keterampilan sosial siswa di MA Negeri 2 Palu. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan jenis peneleitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil sebanyak 45 siswa IPS MAN2 PALU. Hasil dari penelitian ini menunjukan a) Penglaman siswa yang merasakan langsung bencana gempa bumi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak merasakan langsung bencana tersebut b) Kemampuan literasi siswa yang tidak merasakan langsung bencana gempa bumi di Kota Palu lebih tinggi dari siswa yang meraskan langsung bencana tersebut. c) Keterampilan sosial siswa yang merasakan bencana gempa bumi di Kota Palu pada 28 September 2018 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak merasakan langsung bencana gempa bumi tersebut. d) Pengalaman peristiwa gempa bumi memberikan dampak positif pada keterampilan sosial siswa. e) Kemampuan literasi mitigai bencana berpengaruh posistif terhadap keterampilan sosial siswa. f).Pengalaman dan kemampuan literasi mitigasi pada bencana gempa bumi memberikan pengaruh positif sebesar 33,3% terhadap keterampilan sosial siswa dan 66,7% di pengaruhi oleh variabel lainnya seperti. Kata Kunci : Gempa Bumi,Literasi Mitigasi bencana, Keterampilan Sosia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up