JudulPENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA GPID PALU |
Nama: NI KADEK DYASTUTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga pada pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA GPID Palu, menganalisis pengaruh minat belajar pada pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA GPID Palu, dan menguraikan pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar pada pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA GPID Palu. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA berjumlah 17 siswa dan XI IPS berjumlah 13 siswa, jadi jumlah sampel keseluruhan yaitu 30 siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga pada pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA GPID Palu, dimana lingkungan keluarga (X1) diperoleh t_hitung = 20,691 > t_tabel = 2,052 dan nilai sig. 0,000 < 0 xss=removed> t_tabel = 2,052 dan nilai sig. 0,000< 0 xss=removed> F_tabel = 3,35 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menandakan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima yang berarti variabel lingkungan keluarga dan minat belajar pada pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom secara bersama-sama atau simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa kelas XI SMA GPID Palu. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Daring, Google Classroom dan Hasil Belajar ? |